Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat dan Risiko dalam Penggunaan AC

Manfaat dan Risiko dalam Penggunaan AC

AC atau pendingin ruangan saat ini memang selalu digunaan disetiap perkantoran dan seakan peralatan yang wajib ada dan merupakan bagian yang penting. Apalagi kantor yang ada di ibu kota banyaknya kendaraan bermotor dan macet membuat debu dan kotoran bertebaran yang pasti sedikit banyaknya memperngaruhi kinerja AC di kantor jadi semakin banyak kantor mencari Service AC Jakarta Pusat untuk membersihkannya. Karena selain dapat membuat ruangan tetap stabil juga sebagai penghalau panas terik saat musim panas. Selain itu, peningkatan kualitas udara juga dapat mengurangi gejala asma dan alergi. Namun AC juga bisa menimbulkan beberapa risiko bagi kesehatan apabila tidak dirawat dengan benar. Maka Cuci AC merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kualitas suhu udara yang ada didalam ruangan.

Adapun beberapa manfaat dari penggunaan AC adalah :

•Melindungi dari panas dan dehidrasi
Karena panas yang berlebih dapat menyebabkan tubuh tidak dapat mengatur suhu dengan baik, maka digunakanlah AC untuk menurunkan suhu tubuh yang terlalu panas atau dehidrasi karena panas. Tetapi harus mengatur suhu ruangan dengan stabil untuk menghindari suhu udara yang terlalu dingin.

• Meningkatkan produktifitas
Dengan udara yang sejuk dan nyaman tentunya dapat mempegaruhi produktifitas orang-orang yang bekerja atau berada dalam ruangan tersebut.

• Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan
Kualitas udara yang cukup buruk disekitar daerah dapat disaring. Khususnya Ac dapat mnyaring debu, serbuk sari, dan alergen dari lingkungan. Selain itu juga dapat mengontrol kelembabab udara yang dapat menimbulkan beragam jenis jamur atau lumut.

• Membantu mengurangi asma dan alergi
Dengan meningkatnya kualitas udara didalam ruangan pastinya dapat membantu mengurangi asma atau alergi yang dirasakan.

Selain beberapa menfaat dalam penggunaan AC juga terdapat risiko yang disebabkan terkhusus bagi kesehatan seperti berikut :

• Memperburuk penyakit pernafasan, terutama saat perubahan mendadak suhu dan kelembaban suatu ruangan

• Efek kekeringan pada kulit apabila terlalu sering atau terlalu lama berada didalam ruangan yang ber-AC

• Alergi dan infeksi saluran pernafasan seperti halnya paparan udara dingin dari AC dapat menyebabkan beberapa masalah seperti gejala flu, sakit tenggorokan bahkan sinus

• Sick building syndrome atau sering disebut kesulitan bernafas atau masalah lainnya yang disebabkan oleh ruangan ber-Ac tetapi kekurangan ventilasi udara

• Penyakit legionnaire adalah salah satu penyakit yang dihasilkan dari komplikasi berbagai penyakit yang dapat membahayakan diri disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam air hangat sistem sentral AC

• Tidak ramah lingkungan yaitu dengan penggunaan AC dapat menipiskan lapisan ozon yang ada

• Berat badan dengan suhu yang stabil membuat kita tidak perlu mengeluarkan energi atau membakar kalori sehingga menjadikan berat badan naik.

Oleh sebab itu, maka bijaklah dalam penggunaan atau pemakaian AC karena sebenarnya diantara berbagai manfaat yang didapatkan terdapat pula beragam risiko yang dapat disebabkan terhadap kesehatan tersebut diatas. Tanpa penggunakan AC sebenarnya kita dapat menciptakan udara yang bersih dan segar dari tanaman yang ada disekitar kita. Maka itu untuk menciptakan udara yang bersih dan sehat nukan memperbanyak AC tetapi perbanyak menanam tumbuhan atau pohon.

0 komentar:

Posting Komentar